6 Jenis Tinta Printer dan Fungsinya Yang Harus Diketahi

Diposting pada 2.635 views

6 Jenis Tinta Printer dan Fungsinya Yang Harus Diketahi

6 Jenis Tinta Printer dan Fungsinya Yang Harus Diketahi

Apakah anda seorang pelajar..? apa teknisi..? ok itu gak penting, dikarnakan siapapun anda, maka anda adalah orang yang beruntung, kok bisa..? iyalah karena kali ini saya akan memberikan ilmu yang insyaalloh bermanfaat. husus buat yang belum tahu silahkan baca secar seksama..! agan punya printer..? maka pengetahuan tentang tinta printer adalah sesuatu yang harus di ketahui. buat apa..? iyalah, mau gimana kalo tintanya habis, kalo tahu kan bisa isi sendiri sob. untuk itu kali ini saya akan memberitahu kalian yang belum tahu dan ngeyakinin yang lupa lagi sob..!

peluang-usaha-depot-air-minum

Tinta Printer ini ada beberapa macam yang mempunyai hasil dan kualitas yang berbeda juga. makanya kita di tuntun untuk tahu tinta apa yang kita butuhkan untuk pekerjaan kita, karna tinta juga akan berpengaruh untuk sebuah hasil print. yu langsung saja simak..! ini dia ..!

Berikut ini adalah 6 Jenis Tinta Printer dan Fungsinya Yang Harus Diketahi

1. Tinta Printer Dye Base

Tinta Dye Base merupakan jenis tinta yang dominan berbahan dasar dari air (H2O) dan dicampur dengan bahan perwarna (Colourant) yang bisa menyatu dengan baik, sehingga kemungkinan mengendap dan mampat pada ‘Printhead Cartridge’ semakin kecil.

Printer standard biasanya kebanyakan menggunakan jenis tinta ini. dikarnakan hasil cetak yang bagus dan warna cerah. dan dengan harga yang lebi ekonomis.

kekurangannya hasil cetak dari tinta Dye Base kurang tajam, pekat, tidak tahan air atau luntur di kertas HVS terhadap air dan cahaya dibanding tinta Pigment

2. Tinta Printer Pigment / Durabrite
Tinta Pigment memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat, dan tahan air dibanding tinta dye base karena formula tintanya yang terdiri dari Air (H2O), Diluent, Colorant Pigment, dan yang lainnya.

Tinta printer jenis Pigment ini memiliki kualitas hasil cetak yang lebih baik, tahan lama, tajam dan anti air (water proof) di semua jenis kertas seperti kertas HVS, Inkjet Paper maupun photo paper.

Kekurangan Tinta Pigment ini kalo Printer gak digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka ‘Printhead Cartridge’ akan tersumbat oleh bahan perwarna tinta yang mengendap dan mengering pada nozzle head.

Tinta Printer Pigment biasanya digunakan beberapa Produsen printer Original untuk cartridge warna hitamnya, tapi tinta pigment yang non-ori juga banyak dijual dipasaran.

3. Tinta Printer Sublimation Ink
Jenis tinta Water Based Sublimation ini sering dipakai oleh kebanyakan pengguna infus printer untuk transfer gambar hasil print ke media lain, Printer-printer standard yang digunakan untuk mencetak bahan-bahan sablon, seperti baju kaos, Pin, mug, keramik, dll. Karena Karekteristik Tinta Sublim yang jauh lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat.

Formula Tinta Sublim dominan mengandung minyak, perwarna(Colorant), diluent, dan zat lainnya, oleh karena itu tinta Sublim memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding Tinta Pigment,

kekurangnnya kendala tersumbat lebih besar dibanding Tinta Pigment. Metode transfer yang digunakan adalah cetak ke kertas hvs atau inkjet paper lalu di heat press ke kaos, mug, keramik, dll.

4. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink
Jenis Tinta Art Paper Ink ini cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil maupun skala besar yang sering mencetak di kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.

Tinta pigment ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti : Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.

5. Tinta Printer Solvent
Jenis Tinta Solvent ini memiliki ketahanan yang paling baik terhadap Air dan UV, karena tinta solvent terbuat dari bahan-bahan yang mendekati seperti cat duco ditambah dengan bahan-bahan yang disesuaikan untuk tipe-tipe Printer Outdoor.

Tinta Solvent banyak digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor Printing karena hasil cetaknya yang lebih awet terhadap Air dan UV, namun tinta solvent berbau menyengat.

6. Tinta Printer Eco Solvent
Tinta Eco Solvent sama seperti Tinta Solvent, hanya karakteristik tinta eco solvent sedikit kurang tahan terhadap UV, namun tidak berbau menyengat dibanding Tinta Solvent, oleh karena itu Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk Indoor Printing.

setiap printer menggunakan tinta yang berbeda beda sesuai kebutukan, makanya setelah baca semua ini saya harap agan bisa mengerti dan tahu tinta yang agan btuhkan. yappps ekian dulu dari saya, semoga bermanfaat..!

Sekian Informasi mengenai 6 Jenis Tinta Printer dan Fungsinya Yang Harus Diketahi, Bagi bapak/ibu semua yang sedang mencari / membutuhkan Jasa Service / Perbaikan Printer sekaligus Isi Tinta Toner dengan harga yang cukup murah dan kompetitif dengan kualitas yang bagus dan terjamin garansinya, silahkan menghubungi ke Nomor Telpon Kontak Layanan CS Kami Disini. terimakasih sudah berkunjug di Website INDO-SOLUTION yang menginformasikan tentang artikel 6 Jenis Tinta Printer dan Fungsinya Yang Harus Diketahi, Salam Sukses Selalu Ya. (sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *